Cara Merawat Tali Pusat Bayi Yang Baru Lahir

Hay, Hay Bunda, lagi sibuk mandiin dede bayi yah? Owhh yah Tali Pusat Bayi udah puput belum?

Kalo belum, Bunda harus berhati-hati nih, dan untuk mengetahui gimana sih cara merawat tali pusat bayi yang baru lahir? Nahh artikel ini akan membahasnya loh bunda, disimak dulu yuk.

Menurut informasi yang saya dapat nih bunda, ari-ari atau Tali pusat bayi akan terlepas dengan sendirinya antara rentang waktu daru 1 sampai 2 minggu tapi nih Bunda ada beberapa bayi yang mengaalami kondisi lebih cepat lepas atau malah lebih lama dari waktu biasanya.

Nah, mungkin penyebab dari lamanya tali pusat untuk lepas sendiri, diakibatkan dari pengaruh alcohol dan obat merah sebagai antiseptic, yang mulai dilarang pengggunaannya karena tebukti menghambat terlepasnya tali pusat.

Bunda tau? Bunda harus benar benar memberikan perawatan khusus ini agar tali pusat bayi tidak terjadi infeksi dan jug agar bisa lebih cepat lepas atau dalam beberapa daerah jawa disebut puput. Langsung aja yuk ke caranya

Jaga Tali Pusat agar tetap kering

Kita sama-sama setuju kan bunda, kalo air adalah sumber dari kehidupan dan struktur yang paing banyak ditemukan dalam tubuh, tapi juga dalam air ada beberapa bakteri yang sangat membahayakan dede bayi, jadi Bunda ketika memandikan dede bayi pastikan untuk mengeringkan tali pusat dengan kain steril yang lembut untuk mengelap tali pusat sesudah mandi.

Jangan Tekan, atau memberikan tekanan ke tali pusat

Jangan tekan, atau memberikan tekanan ke tali pusat ya bunda karena masih terlalu rapuh dan masih belum menutup sempunra, dalam memakaikan popok pada dede bayi juga, jangan sampai menutup tali pusat, dikhawatirkan popok yang mengencangkan, dapat menekan tali pusat.

Intinya sih bunda, jangan sampai membuat tekanan dan jangan sampai tali pusat lembab apalagi basah, jadi tetap jaga saja tali pusat biar tetap kering dan semuanya akan baik – baik saja, menurut informasi yang saya baca, Bunda tidak perlu menambahkan jamu-jamuan atau bedak, apalagi yang bersifat cair ke tali pusat, karena itu hanya akan membuat tali pusat menjadi basah dan kemungkinan infeksi menjadi besar.

Oke Bunda, segitu dulu tips dari saya untuk menjaga dan merawat tali pusat bayi yang baru lahir, Bunda harus sabar yah dalam menghadapi ini, karena semua hal yang terjadi pasti akan indah pada waktunya. Kalo menurut bunda artikel ini menarik, jangan lupa share yah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *